Hari Santri Nasional di Masa Pandemi
Article

Hari Santri Nasional di Masa Pandemi

  • 22 Oct 2020
  • Difa Nur Fauziah

Hari Santri Nasional (HSN) tahun ini rasanya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sampai hari ini gema HSN belum terasa, salah satu alasannya ialah karena wabah Covid-19 yang belum sepenuhnya hilang dari muka bumi. Peraturan yang dibuat pemerintah pun (menghindari kerumunan) menjadi pilihan utama demi menjaga kesehatan sekaligus mencegah penyebaran Covid-19. Meskipun HSN penting tetapi menjaga kesehatan dan keselamatan lebih penting. Pilihan ini tentu akan menginspirasi kita agar HSN tahun ini tetap diselenggarakan meski desainnya berbeda, karena HSN memberikan banyak pelajaran berharga (‘ibrah), di mana para ulama mewariskan semangat perjuangan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hari santri merupakan hari dimana semua orang memperingati peran besar para Kaum ulama dan Santri dalam memperjuangkan kemaslahatan bangsa Indonesia, dengan Resolusi Jihad KH. Hasyim Asy'ari tepat pada tanggal 22 Oktober. Resolusi jihad adalah resolusinya kaum santri yang berjuang demi martabat Bangsanya. Semangat perjuangan para ulama tersebut akan menginspirasi para santri dan masyarakat umum, sehingga para santri akan selalu berjuang untuk mempertahankan eksistensi NKRI dan menjaga kemaslahatan NKRI. Selanjutnya para santri akan memahami sumbangsih dan tahu sejarah mereka kepada bangsa Indonesia, sehingga akan terus menginspirasi semua kalangan dan dapat memberikan yang terbaik bagi Bangsa ini sebagai bagian dari perjuangan para ulama.

Meskipun dimasa pandemi yang melanda Indonesia dan bahkan hampir seluruh dunia. Peringatan Hari Santri Nasional dimanfaatkan oleh masyarakat secara umum guna mengenang serta meneladani para ulama dan santri terdahulu. Banyak cara supaya tetap melaksanakan perayaan hari santri nasional ditengah pandemi saat ini dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Sebagaimana #Aksiamal sebagai platfrom Wujud Aksi Nyata mengadakan kegiatan Istigosah yang bertepatan dengan hari santri, yang akan dilaksanakan di daerah Pamekasan- Madura dan Lombok Tengah- NTB. Acara ini berupa do'a bersama, pembagian snacks dan uang saku.

Mari #kawanaksi ikut serta dalam perayaan hari Santri Nasional meskipun hanya #dirumahsaja dengan mengklik link disini.