Keutamaan Menjenguk Orang yang Sakit
Article

Keutamaan Menjenguk Orang yang Sakit

  • 08 Feb 2020
  • Difa Nur Fauziah

Sebagai orang Islam tidak hanya tahu cara beribadah kepada Allah. Melainkan Islam juga mengajarkan agar kita selalu peduli kepada sesama ciptaan Allah lainnya. Oleh karena itu, banyak aktivitas sosial yang dianjurkan dalam Islam contohnya dengan menjenguk orang sakit. Meskipun kita memiliki hubungan sebagai kerabat dekat, tetangga, saudara yang senasab, sahabat dan lain sebagainya, tetap saja menjenguk orang sakit merupakan kewajiban kita bagi setiap muslim. Dengan begitu ketika kita sebagai orang muslim menjenguk kerabat kita yang sedang sakit, maka perbuatan tersebut termasuk ke dalam amal shalih yang paling utama yang dapat mendekatkan kita kepada Allah Ta'ala, kepada ampunan-Nya, rahmat dan Surga-Nya.    

Sebagaimana Rasulullah Saw bersabda yang artinya:
“Apabila seseorang menjenguk saudaranya yang muslim (yang sedang sakit), maka (seakan-akan) dia berjalan sambil memetik buah-buahan Surga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba.” (HR. at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad dengan sanad shahih).

Orang yang sakit tidak perlu makanan atau minuman yang enak, pakaian mewah, buah-buahan impor, juga mainan aneka rupa. Yang ia harapkan hanyalah spirit untuk sehat dan do'a dari kita semua agar dapat pulih supaya bisa beraktivitas seperti semula. Karena ia yakin bahwa masih ada orang-orang yang mengharapkannya, masih ada sahabat-sahabat sejati yang merindukanya untuk kembali ceria seperti semula, apalagi orang tua dan keluarga besarnya yang menunggu kedatangan dirinya dalam kehidupan mereka.   

Mengunjungi orang yang sedang sakit merupakan perbuatan yang amat mulia, pahala yang sangat besar, mendapatkan keutamaan yang agung, dan merupakan hak setiap muslim terhadap muslim lainnya. kehebatan lainnya bagi orang beriman yang sakit, baginya adalah penggugur dosa-dosanya dan pengangkat derajat kemuliaannya. Dengan ia sudah berkurang banyak dosanya justru dari situ kitalah sebagai orang yang sehat yang perlu do'anya. Sementara kita sendiri masih melakukan dosa yang sama dari hari ke hari.

Pada diri orang yang sakit terdapat keutamaan dan kemuliaan bagi orang yang menjenguknya. Berdasarkan kabar berita dari Nabi Muhammad yang diutus menjadi rahmat bagi semesta alam. Allah telah janjikan pahala yang banyak, ganjaran yang besar, mendapatkan jaminan kebaikan, mendapatkan banyak rahmat, di berikan kelancaran dalam urusan dunia, amalan penduduk syurga, dan selalu berada dalam lindungan Allah bagi seseorang yang menjenguk orang sakit. Tidak hanya itu ketika kita menjenguk orang sakit kita akan merasakan untuk selalu bersyukur atas nikmat yang Allah berikan kepada kita kala sehat dan senantiasa meningatkan kita kepada akhirat. Setelah kita menjenguk orang sakit Allah Swt yang telah memberikan limpahan berkah kepada kita, tetapi selain itu kita juga dapat memperoleh doa dari para malaikat. 

Sungguh banyak keutamaan bagi orang yang telah menjenguk orang sakit. Meskipun kelihatannya banyak di antara kita yang masih meremehkan kebaikan tersebut, tetapi setelah kita mengetahuinya maka kita akan menyadari bahwa menjenguk orang sakit akan mendapatkan keutamaan yang besar dari Allah dan para malaikatnya. Semoga artikel di atas dapat menyemangati kita untuk terus hidup dengan memilki akhlak yang mulia seperti menjenguk orang yang sakit.