Memperingati Isra Mi'raj Meski #dirumahaja
Article

Memperingati Isra Mi'raj Meski #dirumahaja

  • 23 Mar 2020
  • Ariska

Isra Mi'raj merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW bertemu Allah SWT ke Sidratul Muntaha atau langit ke tujuh dalam satu malam saja. Perjalanan ini merupakan hiburan untuk Rasulullah SAW sekaligus menerima perintah shalat wajib lima waktu setiap hari. Isra Mi'raj diperingati setiap 27 Rajab yang bertepatan dengan Minggu (22/3). Perayaan Isra Mi'raj biasanya diisi dengan amalan dan ibadah bersama di masjid atau bahkan lapangan. Kegiatan yang dilakukan mulai dari salat bersama, berzikir, bersalawat, hingga ceramah untuk mengenang dan mengambil hikmah perjalanan Nabi Muhammad SAW saat Isra Mi'raj.

Namun, di tengah ancaman penyebaran virus corona (Covid-19) yang melanda beberapa wilayah di Indonesia saat ini, perayaan Isra Mi'raj disarankan dilakukan secara sendiri-sendiri di rumah diganti dengan sejumlah amalan dan ibadah kepada Allah SWT. Sejumlah amalan dan ibadah yang dapat dilakukan adalah dengan berzikir kepada Allah SWT dan mengirimkan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. 

Berikut amalan dan doa ketika memperingati Isra Mi’raj meski #dirumahaja

Memperbanyak Istighfar
Bulan Rajab sebagai bulan istighfar karena Allah akan mengampuni seberapa pun banyak dosa kita. Salah satu amalan yang dianjurkan adalah membaca sayyidul istighfar saat pagi dan sore. Adapun bacaan sayyidul istighfar adalah:

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْشَرِّ مَا صَنَعْتُ وَأَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَعْتَرِفُ بِذُنُوبِي فَاغْفِرْ لِي ذُنُوبِي إِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

Artinya, “Ya Allah, Engkaulah Tuhanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau. Engkau sudah menciptakanku, dan aku adalah hamba-Mu. Aku akan berusaha selalu ta’at kepada-Mu, sekuat tenagaku Yaa Allah. Aku berlindung kepada-Mu, dari keburukan yg kuperbuat. Kuakui segala nikmat yang Engkau berikan padaku, dan kuakui pula keburukan-keburukan dan dosa-dosaku. Maka ampunilah aku ya Allah. Sesungguhnya tidak ada yg bisa mengampuni dosa kecuali Engkau.”

Berpuasa
Ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa Puasa Rajab hukumnya sunnah bila dilaksanakan sewaktu-waktu. Adapun niat puasa Rajab adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى
Nawaitu sauma ghadin fi syahri rojabi sunatan lillahi ta’alaa.

Hal ini, juga dapat digunakan untuk memperbanyak puasa sunnah dalam bentuk apa pun.

Memperbanyak Doa
Menjelang Isra Mi’raj bertepatan dengan Puasa Rajab, maka dapat membaca doa Rajab sesuai anjuran Rasulullah SAW.

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ
Allohumma baarik lanaa fii rojaba wa sya’banaa wa ballighnaa romadhonaa.

Artinya, “Ya Allah berilah kami keberkahan di bulan Rajab dan Sya’ban dan sampaikan kami pada bulan Romadhon.”

Doa Pagi dan Sore
Setelah salat Subuh dan Maghrib, hendaknya seorang muslim membaca doa ini sebanyak 70 kali sambil mengangkat tangan, agar terhindar dari api neraka.

ربِّ اغْفِرْلِيْ وَارْحَمْنِيْ وَتُبْ عَلَيَّ

Zikir Jelang Isra Mi’raj
Ada satu zikir yang pernah diajarkan Nabi Ibrahim untuk Nabi Muhammad Saw ketika Rasulullah mengalami peristiwa Isra Mi’raj yaitu,

لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّ
Laa haula walaa quwwata illa billah

Artinya, “Tidak ada daya dalam menjauhi maksiat dan tidak ada upaya menjalankan ketaatan melainkan dengan pertolongan Allah.”

Shalat sunnah
Shalat sunnah pada malam Isra dan Mi’raj boleh dilaksanakan setelah shalat Maghrib, boleh juga dilaksanakan setelah shalat Isya. Shalat sunnah sebanyak dua belas rakaat dilaksanakan dengan salam setiap dua rakaat. 

Oleh karena itu, kita sebagai hamba-Nya sudah sepantasnya mengamalkan dan melaksanakan segala perintah dan aturan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. Amalan-amalan tersebut tidak hanya dilaksanakan pada hari-hari besar tertentu saja, melainkan di amalkan dan dilaksanakan setiap harinya agar keimanan kita semakin meningkat. 

Disamping meningkatkan keimanan, kita juga harus tetap menjaga kesehatan. Melihat situasi saat ini, mari bersama-sama kita cegah penyebaran virus Corona dengan tetap #dirumahaja demi mengurangi jumlah korban yang terdampak.